SENI BACA ALQURAN

Juni 8, 2009

Asalamualaikum,

Hai semuanya, apa kabar nih, kali ini saya akan mengajak anda untuk mempelajari kunci lagu ( Tausyikh ) tilawatil quran, siapa tahu dengan mendengarkan dan menerapkan mp3 ini, bisa menambah pengetahuan anda, berikut ini saya mau mereview kaset bagus nih “Belajar Bimbingan Tilawatil Qur’an” oleh Ustadz H. Muammar Z.A (Mantan Juara Qori Nasional dan Internasional). Sebenarnya kaset ini terdiri atas Volumen 1 dan 8 (buanyak sekali), tapi jangan kuatir, inti pelajarannya sebenarnya hanya pada Volume 1 sd 3 saja. Volume 4 sd 8 hanya pengembangan saja, yaitu penerapan lagu pada ayat lain dan pendalaman teknik memanjang kan nafas dan sebagainya..
Setelah mendengar kaset ini di jamin, anda menjadi Qori dan Qoriah sejati paling tidak tingkat internasional, nggak sanggup ya…tingkat nasional lah..nggak sangup lagi, tingkat Provinsi…masih belum sanggup..tingkat kabupaten aja kalau gitu, masih berat juga, ya sudah tingkat kecamatan aja….masih berat..ok deh yang terakhir tingkat kelurahan..nah gimana…hari ini belum sanggup juga ….ya sudah minimal tingkat rumah….lah nggak bisa juga…sudah kalau gitu “Belajar Bimbingan Tilawatil Qur’an” untuk digunakan sama anak-anak nya saja (kalau punya anak lho…)
Semua mimpi diatas sebenarnya bisa menjadi kenyataan asal ada syaratnya…lho……Syaratnya sangat gampang, tidak perlu berwajah Ganteng dan Cantik berkulit putih, tinggi semampai karena ini bukan kontes kecantikan…yang diperlukan syarat awal yaitu:
1. Lancar membaca Al’quran, ya jelas dong, gimana bisa tilawatil qur’an kalau baca alquran nya masih diseret-seret kayak jalannya mobil truk kekurangan minyak, makanya minimal pernah khatam alqur’an atau paling tidak lancar membaca Alquran dan tidak pernah kejedot alif (maksudnya sudah bisa membedakan mana huruf alif dan tiang listrik).
2. Harus lulus tajwid (makanan apaan tuh..), tajwid itu maksudnya aturan dalam membaca alquran seperti panjang pendek bacaan, kapan saat berdengung bacaan dan kapan harus berhenti membaca tidak boleh disambung dsb, kalau dalam bahasa inggris ka nada namanya grammar, nah dalam alqur’an itu juga ada…
3. Iklas…he..he.. kayak judul sinetron Ramadhan aja…
4. Sabar…nah ini…belajar kaset harus sabar, karena bagi sebagian orang mungkin cara adaptasi pelajaran berbeda-beda, makanya harus sabar dan tentu saja diringi dengan usaha..dan doa tentunya..
Belajar seni baca alqur’an itu sendiri sebenarnya sangat guampang sekali, karena kita hanya perlu belajar lagu yang ada dalam tilawatil qur’an. Kalau sudah bisa lagunya tinggal terapkan kedalam bacaan ayat alqur’an saja. Contoh nya begini, kalau anda sudah hapal irama lagu Ibu Kita Kartini, kan tinggal mudah saja and baca surat Al-fatihah dengan menggunakan irama Ibu Kita Kartini, ya kan…tentunya nggak boleh dong nanti baca alqur’an pakai irama nya Ibu Kita Kartini (dosa tahu). Bicara masalah lagu, dalam tilawatil qur’an sebenarnya ada 7 lagu resmi, dan ketujuh lagu tersebut nantinya akan dibahas satu-satu dalam kaset ini dari Volume 1 sd 3..
Adapun ketujuh lagu pokok tersebut adalah : Bayyaati, Shaba, Idjas, Nahaawan, Rash, jiharka, siykaa. Sedangkan lagu cabang sebagai variasi dalam komposisi lagu adalah : nakris, ausak, jinjiran, khar, kharkuk…dan lain-lain..

Hello world!

Juni 8, 2009

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.